BERKENDARA AMAN DAN NYAMAN DENGAN BAN LEBAR

 

Di era sekarang nampaknya ban lebar telah menjadi primadona bagi para rider selain terlihat stylist, penggunaan ban lebar tentunya memiliki kelebihan serta keunggulan yakni stabilitas pada saat berkendara dan kenyamanan saat bermanuver.

Namun perlu diketahui ukuran ban lebar perlu disesuaikan dengan ukuran velg agar handling tidak menjadi berat guna mencapai top speed yang diinginkan.

Berikut kelebihan dan kekurangan penggunaan ban tapak lebar:

Kelebihan :

 

·         Menggunakan ban lebih lebar dari ukuran standar dapat meningkatkan  kemampuan sepeda motor saat melintasi tikungan dikarenakan dengan ban lebar peermukaan tapak ban yang menyentuh aspal jadi lebih luas sehingga daya cengkraman ban menjadi lebih kuat.

·         Perlu diketahui menggunakan ban lebar tidak serta merta meningkatkan kemampuan rider saat melakukan akselerasi ditikungan, hanya saja menggunakan ban lebar akan membantu pengendara saat motor dalam keadaan miring ditikungan.

·         Dalam posisi menikung atau miring rider harus menyesuaikan kecepatan, jika motor dipacu dibawah 30kpj tidak memungkinkan untuk melakukan manuver yang terlalu miring meski menggunakan ban lebar.

·         Ban dapat dikategorikan tapak lebar apabila ukuran ban lebih dari 100 keatas atau melebihi dari ukuran ban originalnya. Ban tapak lebar biasanya digunakan untuk ban belakang.

Kekurangan :

·         Penggunaan ban lebar tentunya memiliki sisi kelemahan dikarenakan dengan ukuran yang lebar membuat bobot ban menjadi lebih berat dan otomatis putaran roda menjadi lebih berat.

·         Dari segi bahan bakar apabila ban terlalu lebar/melebihi spesifikasi, total beban motor menjadi lebih berat daripada standar sehingga dapat membuat motor mekonsumsi bahan bakar lebih banyak dikarenakan diperlukan usaha mesin lebih besar.

·         Namun jika masih menggunakan ban lebar dengan spesifikasi ukuran yang masih dianjurkan pabrik tidak akan terlalu mempengaruhi konsumsi bahan bakar pada mesin  karena sudah melewati uji coba dan perhitungan yang tepat.

·         Banyak velg orisinil dan aftermarket yang sudah mengadaptasi penggunaan ban lebar dan tubeless, sehingga pemakaian ban tapak lebar bisa diaplikasikan tanpa perlu merubah parts lain seperti shockbreaker dan disc cakram orisinil (PNP). Contohnya seperti TDR, Rossi, VND, RCB, dll.

Terdapat banyak pilihan ban motor berkualitas dengan berbagai type ban (Soft, medium, dan hard), baik ukuran dan motif alur ban. ISTANA HELMET menyediakan beragam jenis dan tipe ban motor dari berbagai merek dan ukuran. Untuk info dan pemesanan riders dapat langsung hubungi (WA) 081313454541 / www.istanahelmet.com atau langsung kunjungi toko terdekat kami.